ERHA Ultimate - Klinik Spesialis Kulit & Rambut
03 October 2023 - Kesehatan

Atopy and Skin Disease Center, Ahli Perawatan Kulit Tepat dari ERHA Ultimate

Penyakit kulit adalah masalah kesehatan umum yang dialami oleh sebagian besar orang di Indonesia, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor internal yaitu genetik atau faktor eksternal seperti lingkungan. Gangguan kulit termasuk ke dalam kategori penyakit terbesar di Indonesia yang ditandai dengan turunnya fungsi kulit dengan seiring berjalannya waktu.

Terdapat beberapa jenis penyakit kulit yang paling umum dialami di Indonesia:

  • Dermatitis Atopik (Eksim)  
    Eksim adalah penyakit kulit kronis yang dapat menyebabkan kulit meradang, dengan menjadikan tekstur kulit lebih kering dan pecah-pecah disertai rasa gatal yang sangat mengganggu. Faktor genetik dan lingkungan dapat mempengaruhi perkembangan eksim, salah satunya adalah cuaca lembap di Indonesia menjadi salah satu faktor yang dapat memperburuk gejala eksim.
  • Psoriasis  
    Penyakit autoimun ini menyebabkan pembentukan kulit yang lebih tebal, bersisik, dan kemerahan. Kondisi ini dapat mempengaruhi berbagai bagian tubuh, dan diperburuk akibat stres, infeksi, atau perubahan cuaca ekstrim. Penyakit ini termasuk ke dalam salah satu jenis penyakit kulit yang paling sering dijumpai di Indonesia.
  • Vitiligo  
    Vitiligo merupakan kondisi penyakit kulit yang disebabkan oleh sel-sel kulit yang menghasilkan pigmen kulit mati, sehingga menimbulkan bercak putih yang tidak berwarna pada kulit. Meskipun tidak diiringi dengan rasa sakit atau gatal, vitiligo dapat mempengaruhi psikologis seseorang karena akan berdampak pada penampilan fisik mereka.

Penyakit kulit kronis seperti dermatitis atopik tentu dapat dikendalikan melalui pendekatan yang tepat terhadap cara menghindari pemicu dan memilih pengobatan yang sesuai. Penting bagi individu yang mengalami masalah ini berkonsultasi dengan dokter atau ahli kulit guna mendapatkan diagnosis akurat dan perawatan yang sesuai.

Sayangnya, tingginya tingkat kasus penyakit kulit di Indonesia tidak diimbangi dengan edukasi perihal penanganannya. Pemahaman masyarakat Indonesia yang masih sangat minim akan penyakit kulit mengakibatkan timbulnya rasa bingung dan ragu dalam mencari solusi tepat dan lengkap.

ERHA Ultimate telah meluncurkan kategori baru Atopy and Skin Disease Center bersama kampanye terbarunya #ListentoYourSkin. Lini terbaru dari ERHA Ultimate ini berfokus pada penanganan masalah penyakit kulit yang terbentuk menjadi tiga kategori, yaitu: Baby and Children Atopic Dermatitis, Atopic Dermatitis, dan Geriatric Atopy Dermatitis.