ERHA Ultimate - Klinik Spesialis Kulit & Rambut
05 January 2023 - Kecantikan | Kesehatan

Bukan Fakta, 5 Hal Tentang Komedo Ini Hanya Mitos!

 

Komedo adalah kotoran yang muncul ketika pori-pori tersumbat minyak wajah dan sel kulit mati. Apabila tidak diatasi, komedo juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Meskipun tidak menyebabkan rasa sakit, namun kulit akan terasa lebih kasar dan mengganggu penampilan. Banyak informasi yang beredar tentang komedo, tapi tahukah kamu bahwa 5 hal dibawah ini hanyalah mitos?


 

Mitos tentang komedo


 

Komedo lebih ringan dibanding jerawat


 

Bentuknya yang tidak sebesar jerawat terkadang membuat orang-orang berpikir bahwa lebih mudah menghilangkan komedo dibanding jerawat. Tahukah kamu, komedo adalah penyebab jerawat terbesar karena dapat menyebabkan area kulit meradang? Komedo berasal dari penumpukan sel kulit mati dan minyak di wajah, kemudian teroksidasi sehingga menjadi warna hitam. Maka dari itu, mengatasi komedo juga sama pentingnya dengan mengatasi jerawat. 


 

Sering mencuci wajah dapat menghilangkan komedo


 

Mencuci wajah memang harus dilakukan secara rutin setiap hari untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada wajah. Namun, jika kamu melakukannya terlalu sering bukan berarti dapat menghilangkan komedo, tapi malah dapat membuat kelembapan alami kulitmu menghilang dan kulit menjadi lebih kering. Jadi, jangan terlalu sering mencuci wajah, ya!


 

Semua titik yang ada pada hidung adalah komedo


 

Komedo paling sering ditemukan di area hidung dan dagu. Tetapi kamu harus perhatikan kembali, titik-titik yang ada pada hidung belum tentu komedo. Jika titik titik tersebut tampak datar dan tersebar secara merata, bisa jadi itu bukan komedo namun sebaceous filaments atau kelenjar yang memproduksi minyak pada pori-pori. 


 

Komedo disebabkan oleh make up


 

Make up memang dapat menjadi penyebab komedo, namun komedo dapat dialami oleh setiap orang yang menggunakan make up maupun yang tidak. Pada dasarnya, komedo disebabkan oleh minyak dan sel kulit mati yang menumpuk pada pori-pori, produk make up yang tersisa di kulit wajah juga dapat menghasilkan komedo apabila menyumbat pori-pori. Maka dari itu, ketika menggunakan make up jangan lupa dibersihkan dengan baik menggunakan double cleansing agar tidak menyisakan kotoran yang menyumbat pori-pori. 


 

Kertas minyak menyebabkan komedo


 

Masih banyak yang berpikir bahwa menggunakan kertas minyak dapat mengakibatkan komedo. Yup, berita ini hanyalah mitos! Kertas minyak berfungsi untuk menyerap minyak berlebih pada wajah, sehingga tidak berhubungan dengan penyebab komedo. 


 

Kulit bersih bebas komedo dengan Comedoless & Poreless Program dari ERHA Ultimate Acne Cure 


 

article3-1.jpg 
 

(Source: ERHA Ultimate Acne Cure)

Sebagai brand yang berfokus untuk menyelesaikan berbagai masalah kulit wajah, ERHA Ultimate Acne Cure hadir menawarkan treatment untuk mengatasi masalah komedo pada Comedoless & Poreless Program. Program ini terdiri dari berbagai treatment seperti Comedo Peeling yaitu tindakan peeling utnuk mengangkat sel kulit mati, menstimulasi kolagen, dan membersihkan pori-pori untuk mengurangi peradangan akibat jerawat dan komedo. Kemudian Hydra Oil Clarifying Facial yaitu facial untuk membantu mengurangi kadar minyak yang berlebih pada wajah yang dapat membantu mengurangi komedo dan jerawat.


 

Terdapat 3 plan yang bisa kamu pilih untuk mengikuti program ini:

Product Plan, kamu akan mendapatkan konsultasi dengan ahli dermatologi dan rangkaian produk, dengan harga mulai dari Rp 518.500

Basic Plan, kamu akan mendapatkan konsultasi dengan ahli dermatologi, rangkaian produk, dan anti inflammation treatment dengan harga mulai dari Rp 1.168.500

Advantage Plan, kamu akan mendapatkan konsultasi dengan ahli dermatologi, rangkaian produk, dan lebih dari 1x treatment dengan harga mulai dari Rp 1.563.500

 

Worry no more! Basmi komedo dengan Comedoless & Poreless Program dari ERHA Ultimate Acne Cure! Kunjungi klinik terdekatmu, atau klik disini untuk booking dan dapatkan info terbaru di instagram kami @erha_ultimateacnecure dan website kami disini