ERHA Ultimate - Klinik Spesialis Kulit & Rambut
18 June 2024 - Kecantikan | Kesehatan

Masalah Kulit Tak Kunjung Usai, Ini Saatnya Kamu Pakai Doctors Skincare!

Sudah coba berbagai macam skincare, tapi hasilnya gak kelihatan? Justru masalah kulit malah bertambah karena ternyata kandungan skincare yang dipakai gak cocok? Duh.. jadi bingung gak sih harus pakai skincare apa? Nah, simak artikel berikut ini untuk tahu rahasianya!

Sebelum mulai pakai skincare, ketahui dulu jenis dan masalah kulitmu! 

Tidak mengetahui jenis kulit adalah salah satu faktor utama yang menjadi penyebab skincaremu gak bisa bekerja secara optimal. Hal ini dikarenakan, beberapa kandungan pada skincare memiliki kandungan yang berbeda, untuk setiap jenis kulit. Sebagai contoh, sebagian besar skincare yang ditujukan untuk kulit berminyak, memiliki kandungan yang berfungsi sebagai sebum control atau mengontrol produksi minyak alami kulit. Nah, jika digunakan pada jenis kulit kering, bisa jadi produk tidak dapat bekerja secara optimal karena jenis kulit kering justru membutuhkan minyak alami kulit untuk menjaga kelembapan kulit. 

 

Bagaimana cara mengetahui jenis kulit?

Ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui jenis kulit wajah: 

1. Menggunakan kertas minyak 

Cara yang paling mudah untuk mengetahui jenis kulitmu adalah dengan menggunakan kertas minyak. Cara melakukannya mudah, bersihkan wajah dengan produk pembersih wajah yang lembut. Setelah dibilas dan dikeringkan, diamkan kulit selama 3 jam tanpa menggunakan produk kecantikan apapun. Setelah itu, tempelkan kertas minyak pada wajah dan diamkan, nah perhatikan tekstur dan kondisi kulit wajahmu serta kondisi kertas minyak tersebut. Lalu, perhatikan kertas minyak tersebut:

  • Kulit wajah normal: Terdapat sedikit noda minyak pada kertas minyak

  • Kulit wajah kering: Tidak terdapat noda minyak

  • Kulit wajah berminyak: Terdapat banyak noda minyak 

  • Kulit wajah kombinasi: Terdapat noda minyak di area dahi, hidung, dan dagu namun tidak ada noda minyak di area wajah lainnya. 

2. Mencubit kulit 

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui jenis kulitmu adalah dengan mencubit kulit. Cara ini dapat membantu kamu mengetahui tingkat kekenyalan kulit. Pada jenis kulit kering, kulit tidak kembali seperti semula dengan mudah setelah dicubit. Hal ini dikarenakan jenis kulit kering kekurangan minyak alami yang menjaga kekenyalan kulit. Sedangkan untuk jenis kulit normal dan berminyak, maka kulit akan kembali seperti semula dalam waktu yang cepat setelah dicubit. 

3. Perhatikan kulit wajah setelah beraktivitas

Selain kedua tes di atas, kamu juga bisa mengetahui jenis kulitmu dengan memperhatikan kondisi kulit setelah seharian beraktivitas. Jika kulit terasa berminyak atau tampak berkilau setelah seharian, maka bisa jadi kamu memiliki jenis kulit berminyak. Sedangkan pada jenis kulit normal, kulit mungkin akan memiliki sedikit minyak dan sedikit sisik, dan pada jenis kulit sensitif kulit bisa mengalami gatal, memerah, hingga meradang (terutama setelah beraktivitas di bawah panas matahari dalam jangka waktu yang lama). 

Bingung memilih skincare? Lebih baik pakai Doctor’s Skincare dari ERHA Ultimate!

Tren kecantikan telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir. Kini sudah tersedia berbagai macam produk skincare dengan jenis kandungan yang berbeda, hingga cara pemakaian yang berbeda juga. Dari sekian banyak skincare, pasti kamu masih sering bingung kan, pilih yang mana?

Nah, daripada salah pilih, lebih baik kamu konsultasikan langsung dengan dokter kulit terpercaya di ERHA Ultimate! Di sesi konsultasi, kamu bisa mengenali kondisi kulitmu lebih jauh, mendapatkan informasi seputar masalah kulit yang kamu alami sekaligus mendapatkan rekomendasi skincare serta perawatan yang tepat untuk mengatasinya. Gak perlu takut, karena seluruh rekomendasi produk skincare dan perawatan yang diberikan oleh Dokter pasti sudah dipersonalisasi sesuai kondisi dan masalah kulitmu. Jadi, hasilnya pasti lebih efektif dan optimal. 

Tertarik untuk coba? Kamu bisa langsung klik link ini untuk booking jadwal appointment, dan ikuti terus informasi terbaru dari ERHA Ultimate melalui instagram di @erha.ultimate!