ERHA Ultimate - Klinik Spesialis Kulit & Rambut
14 June 2024 - Kecantikan | Kesehatan

Waspada Heatwave, Kulit Wajah Bisa Jadi Lebih Kusam Dan Belang!

Kerasa gak sih beberapa hari ini udara terasa lebih panas dari biasanya? Apalagi bagi kamu yang sering beraktivitas di bawah panas matahari, terjadinya gelombang panas atau heatwave akhir-akhir ini pasti langsung terasa oleh kulit. Di waktu-waktu seperti inilah perawatan kulit sangat penting dan tidak boleh dilewatkan. Pada artikel kali ini, kita akan bahas seputar heatwave dan apa saja dampaknya bagi kulit!

Apa Itu Heatwave?

Heatwave atau gelombang panas adalah fenomena kondisi udara panas yang dapat berlangsung dalam jangka waktu panjang selama 5 hari atau lebih secara berturut-turut. Gelombang panas ini dapat mencapai suhu maksimum rata-rata hingga 5°C (9°F) atau lebih. Kini, fenomena heatwave ini sedang berlangsung di beberapa negara di Asia dan Asia Tenggara seperti Indonesia, China, dan Thailand.

Saat terjadi gelombang panas ini, maka kelembapan udara akan meningkat drastis dan dapat mempengaruhi berbagai masalah kesehatan. Mulai dari dehidrasi, masalah pernapasan, hingga heatstroke. Kondisi heatwave ini tentunya tidak hanya mengganggu aktivitas kita sehari-hari, tapi juga bisa mengganggu kesehatan kulit. Berikut ini adalah beberapa masalah kulit yang bisa timbul akibat heatwave!

 

Penyakit Kulit Akibat Heatwave

  • Kulit Dehidrasi

Ketika tubuh mengalami dehidrasi akibat heatwave, maka kulit juga akan mengalami dehidrasi yang menyebabkan kondisi kulit kehilangan kelembapan alami sehingga tampak lebih kusam dan kasar. Di tengah kondisi heatwave, tubuh akan memproduksi keringat berlebih, yang berdampak pada hilangnya cairan, gula, dan garam yang hilang pada tubuh dan kulit. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengonsumsi air putih yang cukup untuk menjaga tubuh dan kulit terhidrasi di tengah kondisi heatwave

 

  • Biang Keringat 

Produksi minyak yang berlebih juga dapat memicu timbulnya biang keringat yang sangat tidak nyaman. Jika biang keringat terperangkap pada area kulit, maka dapat memicu timbulnya benjolan atau bruntusan yang meradang. Akhirnya, kulit mengalami reaksi gatal, kemerahan, hingga jerawat. 

 

  • Tanda Penuaan Dini 

Tanpa perlindungan dan perawatan kulit yang tepat, gelombang panas dari fenomena heatwave ini juga dapat mendorong timbulnya tanda penuaan kulit yang lebih cepat, lho! Beberapa tanda penuaan yang dapat muncul diantaranya adalah seperti hiperpigmentasi, hilangnya elastisitas kulit, flek hitam, hingga warna kulit yang lebih kusam. 

 

  • Kanker Kulit 

Pada kondisi yang lebih serius, jika kulit terpapar oleh gelombang panas yang berlebihan, maka dapat berdampak pada terjadinya penyakit kulit serius seperti kanker kulit. Sinar UV yang berlebihan dapat menargetkan DNA pada kulit, dan menyebabkan sel tidak bisa bekerja sesuai dengan fungsinya. Alhasil, sel kulit terlalu sering membelah diri dan membentuk tumor hingga kanker. 

 

Rekomendasi Perawatan Kulit yang Bisa Kamu Lakukan di ERHA Ultimate

Masalah kulit akibat heatwave ini bisa kamu atasi dengan mudah di ERHA Ultimate! Selain skincare, treatment di klinik kecantikan juga penting untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal di kulit. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi treatment yang bisa kamu pilih untuk merawat dan mengatasi masalah kulit akibat heatwave

  1.  Acne Peeling Face: Tindakan peeling kulit wajah yang berfungsi untuk mengurangi minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati, mengobati dan mencegah timbulnya jerawat, mengurangi peradangan, serta mengatasi penyumbatan pada pori-pori kulit. 

  2. Crystal Glow Peeling: Tindakan eksfoliasi kulit wajah dengan cairan kimia dengan efek instant glow yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, memperbaiki tekstur kulit, mencerahkan serta mengencangkan kulit wajah. 

  3. Instaradiance by IPL: Treatment ini menggunakan teknologi IPL (Intense Pulsed Light) yaitu sinar berintensitas tinggi dengan spektrum panjang gelombang 400-1400nm. Penggunaan filter ini dikhususkan untuk meremajakan kulit dari energi sinar yang diserap oleh kulit, guna merangsang terbentuknya kolagen dan elastin baru untuk membantu mengatasi kerutan dan garis halus, serta membuat kulit jadi lebih kenyal dan sehat.

  4. Pigmentation Treatment by Pico Laser Anti Aging : Treatment laser ini menggunakan Picosure Laser (USA) dengan teknologi terbaru picosecond dimana energi laer akan dihantarkan ke kulit dengan durasi yang sangat cepat sehingga dapat memberikan hasil treatment yang lebih cepat, efektif, aman, dan nyaman. Treatment ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki masalah tanda penuaan kulit seperti age spot, melasma, freckles, hingga gangguan hiperpigmentasi lain akibat sinar matahari, kehamilan, atau bekas jerawat pada kulit.

  5. Youth Activator by Nucleofill: Treatment generasi terbaru dari DNA Salmon ini bermanfaat untuk merangsang regenerasi dan rejuvenasi kulit, menstimulasi produksi kolagen dan elastin, meningkatkan elastisitas kulit, serta memperbaiki tekstur kulit menjadi lebih halus dan sehat. Dengan minimal downtime dan side effect, treatment ini dilakukan dengan cara menyuntikkan serum Nucleofill yang memiliki kandungan 2,5% Polynucleotide salmon DNA langsung ke beberapa area kulit wajah yang bermasalah. 

Untuk mendapatkan treatment tepat yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulitmu, kamu bisa langsung konsultasi dengan dokter kulit terpercaya. Yuk, klik link ini untuk langsung booking treatment, atau kunjungi website kami di www.erhaultimate.co.id dan instagram di @erha.ultimate untuk informasi lebih lanjut.